Ratings and Recommendations by Outbrain

Sunday 10 April 2011

ECB: Kenaikan Harga Energi Picu Memburuknya Proyeksi Ekonomi Euro

FRANKFURT. Anggota dewan European Central Bank (ECB) Axel Weber mengatakan, kenaikan harga energi telah menyebabkan lebih memburuknya prospek inflasi di kawasan Euro.

"Kondisi yang harus dikhawatirkan bahwa tingkat inflasi selama setahun bisa bergerak ke arah 2,5%," kata Weber pada konferensi pers di Hungaria, hari ini.

Terakhir kali, ECB memproyeksikan rata-rata inflasi di sekitar 2,3% tahun ini, dan 1,7% pada 2012. Sejak proyeksi terakhir itu, harga minyak telah melonjak menjadi lebih dari US$ 111 per barel.

 Pemimpin Euro akan tentukan pengganti Trichet pada akhir Juni 

BRUSSELS. Pemimpin negara kawasan Euro berencana menentukan pengganti Presiden European Central Bank (Bank Sentral Eropa) Jean-Claude Trichet, pada akhir Juni. Trichet akan pensiun pada Oktober nanti.

Menteri Keuangan Wolfgang Schaeuble mengatakan, pemerintah Kanselir Jerman Angela Merkel akan memutuskan calon yang diunggulkan sesaat sebelum pertemuan puncak di Brussels pada 24 Juni. Sementara, rekannya dari Spanyol, Elena Salgado mengatakan, bahkan jika diperlukan untuk mempercepat keputusan, akan menunggu hingga sampai bulan Juni."

Schaeuble bilang, para menteri keuangan harus membuat proposal dan Dewan Eropa akan memutuskan. "Pemerintah federal telah memutuskan untuk membentuk wacana mendekati tanggal tersebut," ujarnya di Hungaria, hari ini.

Pengunduran diri Presiden Bundesbank Axel Weber, yang semula disebutkan bakal menggantikan Trichet, telah membuka peluang untuk kandidat lain dari Italia Mario Draghi hingga Yves Mersch dari Luxembourg.

sumber : www.kontan.co.id

0 komentar:

Post a Comment