Ratings and Recommendations by Outbrain

Monday 2 May 2011

Beli Emas Sekarang atau Tidak Sama Sekali !

Uang tetaplah kertas, tetapi emas selamanya adalah emas. Ungkapan tersebut seolah ingin menegaskan bahwa emas adalah intrumen investasi yang nilainya tidak pernah turun.

Lihat saja, dalam tiga tahun terakhir harga si kuning sudah melompat hingga hampir 70%. Para analis di bursa komoditi begitu optimistis, harga emas akan terus merayap naik. Pekan ini saja di New York Mercantile Exchange, Amerika, emas untuk mengiriman bulan Juni sudah mencapai US$ 1.532,10. Ini rekor tertinggi dalam sejarah emas.

Credit Suisse AG, misalnya, memperkirakan, dalam dua belas bulan mendatang harga emas akan tembus US$ 1.650 per troy ounce. “Emas dalam tren menguat,” ujar Tobias Merath, Kepala Riset Komoditas Credit Suisse.

Sementara proyeksi Harumdana Berjangka, harga emas bisa tembus US$1.600. Kalau ramalan para analis bisa dipegang, berarti dalam beberapa bulan ke depan harga emas akan meningkat lebih dari 10%.
Selain dipicu oleh kemelut di Timur Tengah dan kenaikan harga minyak, meroketnya pamor emas juga didorong oleh pelemahan dolar. Akibat loyonya mata uang AS, emas yang berdenominasi dolar dihargai lebih murah dibandingkan investor yang menggunakan mata uang selain dolar.

Asal tahu saja, pekan kemarin The Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk mempertahankan kebijakan stimulus bunga murah (0%-0,25%). Kebijakan ini membuat pesona dolar terus memudar, terutama terhadap mata uang Eropa.

Para ekonom umumnya tidak simpati terhadap emas. Bagi mereka, pengaruh logam ini terhadap ekonomi sering tidak masuk akal. Mereka akan senang kalau bisa menciptakan satu sistem moneter yang bebas dari pengaruh emas.

Tapi, fakta menunjukkan bahwa emas masih memiliki trifungsi yang misterius: sebagai alat penyimpan kekayaan, saluran investasi, dan komoditi dagang. Di Indoensia, harga emas mengikuti pergerakan harga di luar negeri. Karena harga emas diperkirakan masih akan naik hingga akhir tahun, maka kinilah saatnya bagi para pemilik uang untuk memborong emas. [mdr]

0 komentar:

Post a Comment