Ratings and Recommendations by Outbrain

Tuesday 29 March 2011

Radiasi dari Jepang Sampai ke Negara-negara Asia dan AS

VoANews. Pihak berwenang Tiongkok, Korea Selatan dan Filipina mendeteksi kadar rendah radioaktif di wilayah mereka. Demikian pula dengan AS di beberapa negara bagian. 

Pihak berwenang di beberapa bagian Asia dan Amerika Serikat melaporkan sejumlah kecil radiasi dari pembangkit nuklir Fukushima, Jepang, yang rusak berat. Tetapi, mereka semuanya mengatakan radiasi tersebut tidak mengancam kesehatan masyarakat.
Kementerian Perlindungan Lingkungan Tiongkok mengeluarkan pernyataan, Selasa yang mengatakan radioaktif kadar rendah yodium-131 telah dideteksi di daerah bagian tenggara negara itu, termasuk Guangxi, Guangdong dan Shanghai.  Bahan radioaktif yang sama  dideteksi beberapa hari yang lalu di provinsi Hellongjiang, Tiongkok timur laut.
Institut Keselamatan Nuklir Negara Korea Selatan mengatakan mereka telah mendeteksi iodine radioaktif di Seoul dan beberapa daerah lain di seluruh negara tersebut. Kementerian Pertanian mengatakan petugasnya sedang mengetes ikan-ikan yang ditangkap di perairannya untuk melihat kemungkinan mengandung radioaktif.
Badan penelitian nuklir Filipina  mengatakan sejumlah sangat kecil isotop radioaktif telah ditemukan di negaranya.
Di Amerika Serikat, pejabat lingkungan negara bagian dan federal mengatakan bekas radioaktif yodium-131 yang berasal dari pembangkit Fukushima telah dideteksi di beberapa negara bagian, termasuk di Hawaii, Guam, dan kepulauan Mariana Utara, serta beberapa negara bagian pantai Atlantik.

0 komentar:

Post a Comment