Ratings and Recommendations by Outbrain

Monday 15 November 2010

Asia Pasifik hindari bersaing Devaluasi Mata Uang

Pimpinan negara kawasan Asia Pasifik dalam forum KTT APEC bersepakat untuk menahan diri dari ajang saling berkompetisi melakukan devaluasi mata uang, dan menyepakati pula untuk menggerakkan sistem nilai tukar yang ditentukan pasar.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam salah satu butir dokumen yang dihasilkan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2010 yang dihadiri oleh 21 pimpinan negara di kawasan Asia Pasifik yang diselenggarakan di Yokohama pada 13-14 November 2010.

“Kami akan menahan diri dari kompetisi devaluasi mata uang,” seperti tertuang dalam dokumen kesepakatan hasil KTT APEC 2010 hari ini.

Adapun 21 pimpinan negara yang hadir dalam KTT APEC adalah Indonesia, Amerika Serikat (AS), China, Hong Kong, Jepang, Korea, Australia, Singapura, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Brunei, Taiwan, Rusia, Peru,Kanada, Cili, Meksiko, Filipina, Vietnam, Papua Nugini.

Para pemimpin negara di forum APEC juga menyatakan akan mendorong untuk meningkatkan fleksibilitas nilai tukar untuk mencerminkan fundamental ekonomi yang menjadi dasar untuk mampu menahan diri dari ajang kompetisi melakukan devaluasi mata uang.

Para pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik yang tergabung dalam APEC juga akan mewaspadai volatilitas kelebihan dan gerakan teratur dalam nilai tukar. Tindakan tersebut dimaksudkan akan membantu mengurangi risiko volatilitas yang berlebihan dalam arus modal menghadapi beberapa ekonomi pasar yang berkembang.

bisnis.com/Linda T. Silitonga

0 komentar:

Post a Comment