Ratings and Recommendations by Outbrain

Monday 4 October 2010

Menderita Asma : Sembuhkan Dengan Roller Coaster

New York, Hadiah Nobel sudah jamak diketahui awam sebagai penghargaan untuk beragam penelitian yang berguna untuk diterapkan. Tapi selain Nobel ada juga lho anugerah tahunan yang penelitian-penelitiannya mencengangkan.

Dua penelitian di bidang kesehatan tentang roller coaster dan jenggot misalnya mendapat anugerah penelitian yang menarik. Terlepas dari berbagai keterbatasan dalam penelitian tersebut, kesimpulan yang ditarik cukup mengejutkan.
Penelitian yang menyimpulkan roller coaster baik untuk asma dinobatkan sebagai penelitian yang paling mustahil meraih Ig Nobel Prize. Tentu saja mengejutkan karena lazimnya, naik roller coaster bisa bikin orang menahan napas saking tegangnya.


Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan 25 pelajar yang menderita asma. Tingkat keparahan gejala sesak napas sebelum naik roller coaster diamati, lalu dibandingkan dengan sesudah jungkir balik dengan roller coaster. Sensasi jungkir balik itu memberikan emosi positif yang meredakan gejala sesak napas pada seluruh partisipan.

Hati hati memelihara Jenggot
Penelitian lain yang dinilai mustahil mendapat anugerah tahunan Ig Nobel Prize adalah tentang jenggot. Peneliti asal Amerika Serikat mengungkap bahwa jengot seorang pria bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan anggota keluarganya.

Bakteri yang terdapat di dalam jenggot bisa bersembunyi pada folikel atau kantong rambut, sehingga tidak hilang meski dicuci dengan shampoo. Tidak hanya 1, ilmuwan itu menemukan 3 jenis bakteri berbahaya yang bisa hidup di jenggot.

Dikutip dari Telegraph, Minggu (3/10/2010), kesimpulan-kesimpulan unik itu justru mendapat anugerah dari Annals of Improbable Research. Karena belum diterapkan, anugerah itu berupa gelar sebagai penelitian paling tidak mungkin sehingga mendapat Ig Nobel Prize.

Gelar itu diberikan secara simbolik dalam seremoni yang digelar di sebuah kampus bergengsi, Harvard University. Selengkapnya, 10 penelitian yang dinilai paling tidak mungkin mendapat Ig Nobel Prize adalah sebagai berikut.

1. Naik roller coaster mampu meredakan gejala asma (kategori: medis)
2. Jenggot manusia menularkan 3 jenis bakteri (kategori: kesehatan masyarakat)
3. Promosi secara acak baik untuk perkembangan bisnis (kategori: manajemen)
4. Mengumpat dapat meningkatkan ambang rasa nyeri (kategori: perdamaian)
5. Helikopter dengan kendali jarak jauh untuk mengambil ingus ikan paus (kategori: teknik)
6. Analisis hubungan perusahaan minyak British Petroleum dengan kalangan ilmuwan untuk membuktikan bahwa air dan minyak tidak tercampurkan (kategori: kimia)
7. Peran bank dalam credit crunch atau melambatnya penyaluran kredit (kategori: ekonomi)
8. Foreplay yang dilakukan kelelawar pemakan buah sebelum kawin (kategori: biologi)
9. Bentuk senyuman untuk mendesain jaringan transportasi publik (kategori: transportasi)
10. Mengenakan kaus kaki di luar sepatu meningkatkan daya cengkeram pada permukaan es (kategori: fisika)


(up/ir) detikHealth/Media Pontianak


0 komentar:

Post a Comment