Ratings and Recommendations by Outbrain

Wednesday 24 November 2010

Menkeu Perkirakan Modal Asing Masuk Hingga 2011

by : Dewi Mayestika
Derasnya arus modal asing (capital inflow) yang masuk ke Tanah Air diperkirakan akan terus berlangsung hingga pertengahan 2011.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan disatu sisi derasnya arus modal tersebut menunjukan tingginya tinggat kepercayaan investor dalam menempatakan dananya di Indonesia. Kendati demikian , jelasnya, hal tersebut harus diwaspadai mengingat potensi terjadinya gelembung ekonomi (bubble).

"Derasnya capital inflow yang masuk ke Indonesia masih akan berlangsung sampai pertengahan tahun 2011 karena dana likuid masih akan terus mengalir ke negara berkembang," saat ditemui dalam acara Seminar Nasional yang diadakan Ikatan Bankir Indonesia (IBI), hari ini.

Dia menuturkan saat ini pihaknya bersama Bank Indonesia (BI) telah menyusun strategi untuk menjaga capital inflow dengan menerapkan Crisis Management Protokol. Dia mengatakan industri perbankan harus mampu mendorong pemanfaatan capital inflow dalam sektor investasi.

“Kita harus hati-hati dalam menjaga sistem keuangan meningingat derasnya capital inflow saat ini. Jangan sampai terjadi moral hazard,” ujarnya.

Dia menegaskan untuk mencegah terjadinya gelembung ekonomi, pemerintah bersama BI akan mengarahkan pemanfaatan capital inflow pada sektor investasi terutama properti. Hal tersebut mengingat property merupakan sektor pembiayaan jangka panjang sehingga pemanfaatan capital inflow bisa lebih optimal.(htr)



Bisnis.com/Media Pontianak

0 komentar:

Post a Comment